Tak hanya murid, untuk guru dan karyawan juga ada program tahfidz

Surakarta – Program tahfidz menjadi program unggulan di mayoritas sekolah Islam di Indonesia. Al-Azhar Syifa Budi Solo sekolah dengan unit dari TA-TKSDSMPSMA yang setiap unitnya memiliki program unggulan tahfidz dengan capaian yang bervariasi tergantung dari level unit masing – masing.

Program tahfidz-pun juga menjadi salah satu tujuan pendidikan Al-Azhar Syifa Budi Solo.

Tak hanya untuk murid, program tahfidz tersebut juga diterapkan kepada guru dan karyawan Al-Azhar Syifa Budi Solo.

Untuk meningkatkan kemampuan tahfidz guru dan karyawan, Al-Azhar Syifa Budi Solo mengadakan pelatihan tahfidz hari Sabtu kemarin (16-02-2019).

Pelatihan juga dilaksanakan di hari Minggu-nya (17-02-2019) yang diikuti oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru tahfidz di setiap unit.

Pelatihan hari kedua untuk mengembangkan kurikulum tahfidz bagi murid agar capaian murid bisa lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

Materi dari pelatihan tersebut menggunakan metode Al-Qosimi dengan narasumber pencipta metode itu sendiri, yaitu Ustadz Abu Hurri Al-Qosimi.

pelatihan-tahfidz-2
pelatihan-tahfidz-3
pelatihan-tahfidz-4

Seluruh peserta mengikuti pelatihan dengan sangat antusias.

“Banyak cara bagi kita dalam menghafal Al-Qur’an. Terbiasa mendengar bisa dianggap salah satu caranya. Karena dengan terbiasa mendengar, kita tidak sengaja dapat menghafal ayat tersebut”. Ucap Ustadz Qosim (sapaan akrabnya).

Ustadz Qosim juga menambahkan, “Dalam membaca Al-Qur’an harus memperhatikan KBB (Kunci Bacaan Bagus), dan dalam menghafal Al-Qur’an harus memenuhi IHB (Indikator Hafalan Bagus)”.

Semoga dengan pelatihan dan pengembangan kurikulum tahfidz tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan Al-Qur’an bukan hanya untuk murid saja tetapi juga untuk guru dan karyawan Al-Azhar Syifa Budi Solo.

(Visited 73 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 6