Sudut Baca: Tempat Asyik Menggali Aksara

Ada satu sudut di setiap kelas di SD Al-Azhar Syifa Budi Solo yang menawarkan berjuta ilmu pengetahuan bagi para siswa. Sudut kecil dimana deretan buku tertata rapi di dalam rak. Satu sudut dimana kami bisa duduk bersama sambil menceritakan isi buku yang kami baca. . Sudut tersebut adalah sudut baca atau kami menyebutnya reading corner. Tempat anak-anak mengisi waktu istirahatnya dengan membaca buku selain di perpustakaan.

Beberapa waktu yang lalu,  sekolah menyelenggarakan lomba menghias sudut baca.  Lomba ini merupakan bentuk atau upaya sekolah dalam menanamkan pada siswa agar gemar membaca buku. Selaras dengan salah satu program pemerintah khususnya Kemendikbud.  Yaitu menggalakkan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencapai salah satu dari sembilan agenda prioritas (Nawacita)  sebagai strategi perwujudan visi  pendidikan tahun 2025 yaitu membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan berdaya saing, berkarakter, dan nasionalis.

Jika teman-teman  melihat ke setiap kelas  maka akan dijumpai sudut baca yang telah di hias sebegitu kerennya hasil tangan dingin para guru SD Al-Azhar Syifa Budi Solo. Dengan di hias dan di desain sedemikian rupa, tentu harapannya anak-anak akan semakin bersemangat untuk membaca buku. Sehingga membaca tidak lagi sebagai pengisi waktu luang, tapi telah menjadi budaya serta kebutuhan dalam hidup. Nah, teman-teman yuk kita rajin membaca agar semakin bertambah ilmu yang kita dapat sehingga kelak bisa memberi manfaat lebih bagi agama, nusa dan bangsa. Aamiin. Salam literasi (AM)

(Visited 465 times, 2 visits today)