SD Al Azhar Syifa Budi Solo Selenggarakan Khataman Secara Daring

SDASBS-Kamis, 23 Mei 2020 bertepatan dengan 28 Ramadhan 1441 H Sekolah Dasar di bawah yayasan Amal Sahabat Surakarta menyelenggarakan khataman Al-Qur’an. Khataman diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 6 dan seluruh guru yang mengampu secara daring.

Kegiatan khataman dan yaumuttakharruj (wisuda) adalah kegiatan rutin di akhir pembelajaran bagi kelas 6 SD Al Azhar Syifa Budi Solo. Kegiatan tersebut sudah di rencanakan jauh-jauh hari termasuk sudah memesan tempat untuk kegiatan yang membahagiakan tersebut. Namun Takdir Allah berbeda dengan rencana manusia. Pada 13 maret yang lalu pemerintah kota Surakarta mengumumkan KLB (Kejadian Luar Biasa) karena ada warga yang positif Covid-19 hingga saat ini. Sehingga proses pembelajaran tatap muka dan seluruh kegiatan sekolah secara offline ditunda atau ditiadakan.

Khataman ini dilaksnakan bertepatan dengan 28 Ramadhan karena seluruh peserta didik kelas 6 telah menyelesaikan membaca 30 juz Al-Qur’an. Setiap hari peserta didik ditarget untuk membaca Al-Qur’an diawal kelas 6 dari juz pertama Al-Qur’an. Meskipun ada peserta didik yang memiliki target lebih banyak. Bahkan selama kelas 6 telah menghatamkan beberapa kali.

Dalam kegiatan khataman secara online tersebut, bunda Sisi selaku kepala sekolah SD Al zhar Syifa Budi Solo menyampaikan beberapa hal yaitu:

  1. Mengucapkan Selamat atas khtamnya dalam membaca Al-Qur’an selama di kelas 6
  2. Istiqomah dalam membaca Al-Qur’an
  3. Menjaaga kebiasaan Ibadah yang telah dibiasakan di sekolah. Menghafal, Shalat dhuha, berbakti kepada orang tua, dan memberikan manfaat kepada orang lain
  4. Berdo’a supaya Allah segera mengangkat musibah covid-19

Khataman online tersebut di mulai pukul 09.00 dan selesai acara sekitar pukul 10.30. Wali kelas juga menyapa seluruh peserta khtaman dan berpesan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan tetep istiqomah dalam kebaikkan.

Meski dilaksnakan secara online, acara tersebut bisa menjadi obat kangen antar peserta didik dan guru. Ada rasa haru dan rindu diantara mereka. “semoga musibah ini segera berakhir, dan bisa bertemu kembali dalam keadaan sehat” harap salah satu wali kelas.

khataman secara daring
khataman secara daring
khataman secara daring
khataman secara daring
khataman secara daring

 

 

 

(Mohamad Agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

79 − = 78