Al-Azhar Syifa Budi Solo membuat Bilik Sterilisasi tangkal Corona

ASBS- Setelah walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo beserta jajarannya mengumumkan bahwa Solo berstatus KLB Corona pada Jum’at, 13 Maret 2020 maka seluruh kegiatan yang menghadirkan banyak orang ditunda. KLB Solo diberlakukan pada 14-29 Maret 2020. Status KLB tersebut ditetapkan setelah ada 1 warga Solo yang meninggal akibat positif corona.

Adanya penetapan KLB tersebut, pembelajaran di semua unit sekolah Al-Azhar Syifa Budi Solo, ditiadakan dan diganti belajar di rumah sejak 14-29 Maret 2020. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan jaringan (daring). Baik berupa materi maupun penugasan mandiri. Pembelajaran dari guru dengan memanfaatkan internet, semisal google form, classroom, mengirim video, melalui canel youtube, dll.

Untuk pekan pertama (16-20 Maret) selama penetapan KLB, para guru masih tetap masuk kerja untuk menyelesaikan administrasi, membuat penugasan, dan menyelesaikan raport PTS 2. Raport PTS 2 dibagikan pada hari Senin, 23 Maret 2020 kepada orang tua wali murid secara online.

Sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, seluruh ruangan, dan peralatan pembelajaran dibersihkan dengan disinvektan oleh seluruh guru dan seluruh ruangan disemprot oleh dinas kesehatan setempat.

Pembuatan Bilik Sterilisasi tangkal Covid-19

Upaya yang dilakukan oleh sekolah Al-Azhar Syifa Budi dalam mencegah Covid-19 membuat team untuk merancang dan membuat “bilik sterilisasi tangkal corona” team ini terdiri dari: Mas Awan, Yanda Sholah, Yanda Munir, Yanda Abbas, Yanda Mul, Yanda Budi, Mas Mardi, Mas Anto, dan Mas Suroto.

Adapun alat dan bahan serta estimasi dana yang diperlukan untuk membuat bilik tangkal corona adalah sebagai berikut:

  1. Pipa Hollow (40.000 / 6 meter)
  2. Plastik (3.000/meter)
  3. Kipas computer 12 buah (15.000 / kipas)
  4. Mist maker 12 buah (45.000/buah)
  5. Power Suplay 24V 20a (180.000) dan 12 v 20a (70.000)
  6. Box container
  7. Desinvektan (bisa menggunakan yang sudah siap pakai semisal; Dettol, Mc Muscle, dll – Penggunaan sesuai petunjuk produk)

Bahan-bahan tersebut dapat dibeli di toko bangunan, toko computer, toko elekteronik atau di marketplace online.

Cara kerja dari “bilik penangkal corona” adalah sebagai berikut:cairan disenvetan dalam container diubah menjadi uap menggunakan mist maker dan di dorong keluar lewat lubang kipas yang menyala secara otomatis lewat sensor gerak. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat di link youtube

Berikut hasil akhir dari Bilik Sterilisasi buatan Al-Azhar Syifa Budi Solo:

Bilik sterilisasi

Bilik sterilisasi

Bilik sterilisasi

Bilik sterilisasi

Sekolah berharap semoga dengan adanya “bilik tangkal corona” bisa bermanfaat dan bisa ditiru oleh banyak orang untuk pencegahan covid-19. Dan semoga musibah yang mendunia ini, segera berakhir supaya anak-anak dapat belajar kembali di sekolah.

 

 

(Mohamad Agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 × = 36