BELAJAR ASYIK ALA SPECTRA SD AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO

SD Al-Azhar Syifa Budi Solo untuk kali pertama menggelar kegiatan bertajuk Special Training and Activities (SPECTRA) pada Kamis (9/5) di Asrama Brigif 6 Kostrad Palur.
Sebanyak 65 siswa yang tergabung dalam English Club (EC) dan Math Science Club (MSC. .mengikuti kegiatan ini. Menurut Koordinator kegiatan sekaligus wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Fery Indrawan, S. Pd, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, serta pengetahuan tentang sains dan matematika. “Kegiatan outing class ini sangat penting untuk menanamkan rasa percaya diri siswa dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar” imbuhnya.

Kegiatan Spectra dibuka dengan apel pagi, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan fieldtrip dan outbound yang dipandu langsung oleh komandan brigif kostrad, Kapten Thomas Setiyo, beserta asistennya, SerKa Eko Murdiyono. Anak anak diperkenalkan dengan berbagai macam senjata dan alat transportasi yang dimiliki oleh Brigif 6 Kostrad Palur. Usai pengenalan senjata, para siswa diperkenalkan dengan kendaraan tempur tank dan jenis-jenis halang rintang. Dalam pengenalan halang rintang para siswa diajarkan cara melewati beberapa rintangan seperti meniti tali dan jaring laba-laba.

Pengenalan senjata dan outbound berlangsung selama kurang lebih satu jam. Kemudian peserta melanjutkan kegiatan berikutnya yaitu, wide game yang diberi nama Game Spectra. Dalam game ini, anak-anak dibagi menjadi 8 kelompok dimana setiap kelompoknya terdiri dari 7-8 siswa. Masing masing kelompok harus menyelesaikan setiap tantangan yang diberikan oleh panitia di setiap pos. Dalam pos-pos tersebut anak di uji kemampuan berbahasa inggris dan pengetahuan sains dan matematika. “Setiap pos dikemas semenarik mungkin, sehingga anak-anak antusias untuk menyelesaikan setiap challenge di pos-pos yang disediakan.” ujar Ahmad Muhsin, salah satu panitia dalam kegiatan tersebut.

Diakhir kegiatan, anak-anak diajak untuk mengikuti demo memasak dalam cooking class. Di sini mereka diajarkan bagaimana membuat chicken sandwich ala Dapoer Tole. Meski capek, tetapi antusiasme siswa terlihat jelas hingga di penghujung acara. Anak-anak diantar kembali ke sekolah menggunakan mobil truk brigif 6 Kostrad. Sebuah pengalaman belajar yang luar biasa. Semoga anak-anak memperoleh manfaat yang lebih dari kegiatan ini. Dan menjadi bekal bagi mereka dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Aamiin. (AM)

(Visited 41 times, 1 visits today)