SD Al-Azhar Syifa Budi Solo Selenggarakan Math Alive Training Untuk Guru

SD Al-Azhar Syifa Budi Solo Selenggarakan Math Alive Training Untuk Guru
ASBS- SD Al-Azhar Syifa Budi Solo bekerjasama dengan Pearson Longman menggelar pelatihan bertajuk “Math Alive Training with Pearson”. Pelatihan pengajaran Matematika berbahasa inggris untuk guru kelas 1 dan 2 ini diselenggarakan pada hari sabtu (1/10) di gedung lantai satu SD Al-Azhar Syifa Budi Solo.
SD al-Azhar Syifa Budi Solo kembali menggunakan buku-buku terbitan Longman untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris khususnya untuk mata pelajaran bahasa inggris dan matematika. Salah satu tujuan diselenggarakan pelatihan ini adalah untuk mengupgrade kemampuan para pengajar dalam mengajarkan matematika berbahasa inggris. Setelah mendapatkan pelatihan/ training ini diharapkan para guru semakin kreatif dan inovatif dalam mengajarkan materi ini kepada siswa sehingga matematika berbahasa inggris menjadi pelajaran yang mudah dan menyenangkan untuk dipelajari.

Bertindak sebagai trainer adalah Ibu Desyarti Safarini TLS. Head of Mathematic education Study Program dari Sampoerna University. Beliau adalah dosen pendidikan matematika di Sampoerna University, Jakarta. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi dimana sesi pertama, para peserta pelatihan diajarkan bagaimana mengajarkan matematika (Math Alive) dengan menggunakan berbagai media seperti kelereng, flash card, sedotan dll. Selain itu, para guru juga dihimbau untuk bisa memaksimalkan berbagai objek di dalam kelas sebagai media pendukung pembelajaran.
Di sesi kedua, para peserta diminta untuk membuat ‘Teaching Design’ secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang. Masing-masing kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi mereka kepada kelompok yang lain. kelompok yang memperoleh bintang paling banyak dari kelompok yang lain berhak untuk menyandang predikat juara dalam proyek “Teaching Design” tersebut.
Diakhir acara para peserta diminta untuk menyampaikan kesan dan pesan mereka terhadap pelatihan ini. Mereka terlihat puas dan terinspirasi untuk mengajarkan ‘Math Alive’ kepada siswa dengan menggunakan metode-metode yang interaktif dan inovatif. “Pelatihan ini menarik sekali, saya jadi punya ide-ide baru untuk mengajarkan matematika berbahasa inggris dengan media-media pembelajaran” tutur Siti Fatimah, salah satu peserta pelatihan Math Alive. (AM)

(Visited 6 times, 1 visits today)