Al Azhar Syifa Budi Solo Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-73 Republik Indonesia

ASBS- Tampak sekumpulan anak berseragam sekolah tengah berbaris rapi mengelilingi sebuah monumen. Diangkatnya tangan kanan mereka. Setiap pasang mata tertuju pada satu tiang dimana bendera sangsakala dikibarkan. Lagu indonesia Raya menggema seolah hendak mengabarkan kepada alam bahwa 73 tahun silam, seorang proklamator tengah berdiri tegak ditengah lautan manusia. Memproklamirkan kemerdekaan sebuah negeri bernama Indonesia.

Hari ini, tepat hari jumat (17/8). Satu hari yg istimewa bagi umat islam pun bagi seluruh warga masyarakat Al Azhar Syifa Budi Solo. Bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan republik indonesia yang ke 73. Seluruh guru, staf, karyawan dan murid dari TA-TK-SD-SMP dan SMA Al Azhar Syifa Budi Solo turut memperingati hari istimewa bagi negeri ini. Menyelenggarakan upacara hari kemerdekaan RI di monumen banjarsari.

Meski terik kian menyengat, tidak menyurutkan semangat anak anak untuk mengikuti upacara hingga selesai. Bahkan antusiasme anak anak makin terlihat saat menyaksikan parade tampilan setelah upacara selesai. Parade dibuka dengan aksi keren dari para security (satpam) dalam melakukan formasi baris berbaris. Tepuk tangan seketika bergemuruh ketika mereka memulai aksinya. Penampilan penampilan setelahnya pun tak kalah seru. Ada kolaborasi yang unik dari guru dan siswa TK yg menampilkan tradisional percussion. Kemudian tari saman dari adik kelas SD, hingga puitisasi drama yg juga tdk kalah menariknya dari kakak-kakak SMA.

Lagi, yang tidak kalah menarik dan sarat ilmu pengetahuan adalah isi pidato dari inspektur upacara, H. Sya’roni Kariem, S. Ag, M. Pd. Meski singkat, tapi sangat berbobot. Secara garis besar, amanat inspektur upacara berisikan tentang semangat perjuangan para pahlawan nasional dalam upaya memerdekakan negeri ini. Banyak sekali informasi penting tentang sejarah kemerdekaan bangsa indonesia, serta bagaimana sebuah negeri kecil yang terus bergejolak hingga saat ini, menjadi negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan bangsa indonesia. Negara tersebut adalah palestina, yang juga memiliki andil besar dalam mengajak negara negara timur tengah untuk turut serta mengakui kemerdekaan republik indonesia. Ini pulalah yang menjadi salah satu alasan pemerintah indonesia untuk terus mengupayakan kemerdekaan palestina.

Semoga bangsa ini menjadi negara yang ‘baldatun toyyibun wa robbun ghofur’. Sebagaimana doa yang dipanjatkan oleh petugas upacara. Aamiin

Merdeka..Merdeka..Merdeka..Allahu Akbar (AM)

(Visited 67 times, 6 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 8 = 2